Info Keberangkatan CalHaj

Jakarta (Sinhat)–Pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) untuk jemaah haji khusus tahap kedua dibuka mulai hari ini, Senin (13/04).

Kuota jemaah haji khusus tahun 1436H/2015M berjumlah 13.600 orang. Angka ini terdiri dari 12.831 kuota jemaah dan 769 kuota petugas PIHK.

Saat penutupan pelunasan tahap pertama yang lalu, menyisakan 1.568 kuota. Jumlah kuota inilah yang akan dilunasi pada tahap kedua ini. Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah mencatat sebanyak 67 jemaah telah melakukan pelunasan tahap kedua di hari pertama ini.

Angkat ini akan terus bergerak sampai dengan batas akhir pelunasan tahap kedua BPIH jemaah haji khusus, yaitu pada tanggal 17 April 2015, pukul 15.00 WIB.

Berbeda dengan jemaah haji reguler yang BPIH nya ditetapkan oleh pemerintah melalui Keputusan Presiden, biaya jemaah haji khusus berbeda-beda, tergantung paket yang ditawarkan Penyeleggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) yang memiliki izin dari Kemenag sebagai penyelenggara. Namun demikian, Kemenag melalui Keputusan Menteri Agama menetapkan bahwa BPIH bagi jamaah haji khusus paling sedikit USD 8.000,00 (delapan ribu Dollar Amerika).